Skip to content

Zumi Zola Disodorkan Sederet Nama Cawagub Jambi 2015

18/09/2014

Kandidat Gubernur Jambi, Zumi Zola disodorkan sederet nama untuk dipertimbangkan menjadi pendampingnya di Pilgub Jambi 2015 mendatang. Nama-nama yang merupakan tokoh dari Jambi wilayah barat ini seperti Kafid Moein, Zulfikar Achmad, Syukur Algoodry, Nalim, Maryadi Syarif, Cek Endra, Madel, Sukandar dan Rizal Djalil.
“Ini harapan masyarakat Jambi barat tentunya, siapa yang dipilih nanti itu ada mekanisme dari partai politik. Tentu kita tidak akan ikut campur, namun kami selaku warga Jambi barat tentu ingin pendamping Zola dari barat,” ujar Adrianus Malik, Direktur Tim Pemenangan Zumi Zola Merangin kepada wartawan kemarin.Dikatakannya, secara politik tentu ada pemetaan wilayah. Ketika muncul kandidat gubernur dari Jambi Timur, tentu supaya bisa mendulang suara harus diperhitungkan suara dari wilayah barat, begitu juga sebaliknya.
“Untuk Jambi barat, banyak yang tokoh yang mumpuni baik itu dari politisi maupun birokrasi dan matan-mantan pejabat. Ini layak untuk mendampingi Zumi Zola,” katanya.
Disebutkannya, seperti yang sudah muncul itu Kafid Moein yang diwacanakan dari PDIP. Beliau ini mantan Sekda dan sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Merangin.
“Kalau untuk pengalaman birokrasi saya rasa tidak perlu diragukan. Saya kenal dekat dengan beliau dan tahu beliau seperti apa,” sebutnya.
Selain itu ada sederet nama lainnya, seperti Zulfkar Achmad yang notabenenya mantan bupati Bungo, terbukti sudah berhasil dalam memimpin Bungo dua periode. Ada juga nama Syukur Algodry, yang saat ini duduk sebagai Anggota DPD RI dan mantan Bupati Merangin H Nalim. “Beliau juga pantas dan layak,” tuturnya.
Kemudian ada nama Maryadi Syarif, Bupati Sarolangun, Cek Endra, H Madel yang juga mantan Bupati Sarolangun dan Bupati Tebo Sukandar. Dari tokoh Kerinci ada Rizal Djalil pernah menjadi Anggota DPR RI dan Ketua BPK RI. “Ini adalah tokoh Jambi Barat yang sudah punya track record yang tidak diragukan lagi untuk mendampingi Zumi Zola,” imbuhnya.
Ditambahkan Adrianus, nama-nama yang disodorkan untuk menjadi pendamping Zola dalam memperebutkan BH 1 mendatang ini dengan pertimbang dari sisi pengalaman, kemudian ketokohan serta masukan dari masyarakat.
“Nama-nama ini belum disampaikan ke Zola, tentu ini sebuah harapan kami. Tentu yang menyampaikan nanti itu masyarakat langsung, inilah tokoh yang kami inginkan. Silahkan lirik dan nilai sesuai dengan mekanisme yang ada,” tambahnya mantan Plt Sekda Merangin ini.
Ditempat yang sama, Koordinator Media Center Zumi Zola, Saipul Azwar saat dikonfirmasi menyambut baik usulan dari tim pemenangan di bawah terkait calon-calon nama pendamping Zola tersebut.
“Ini usulan dari tim di bawah, tentu ini akan menjadi pertimbangan dan dimasukkan dalam survei kita. Apakah dikehendaki oleh masyarakat atau tidak,” tuturnya.
Disinggung apakah nama-nama tersebut sudah masuk dalam daftar nama yang telah disurvei sebelumnya, menurut Saipul rata-rata sudah masuk. “Ada yang masuk, ada yang tidak. Tapi rata-rata melihat namanya ini kebanyakan masuk dalam nama yang kita survei,” tukasnya.
Selain itu menurutnya, kalau melihat situasi dan kondisi Jambi sekarang, memang juga perlu mempertimbangkan soal keterwakilan wilayah. Karena ada masyarakat yang memetakan dirinya sebagai masyarakat Jambi wilayah barat dan Jambi wilayah timur. “Tetapi belum ada komunikasi dengan nama-nama tersebut. Kita coba survei dulu, kalau surveinya bagus baru kita komunikasi,” pungkasnya. (cas)
sumber

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: