Skip to content

Kunjungi Sarolangun dan Merangin, HBA Pertahankan Samisake

18/09/2014

Keberhasilan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) dalam memimpin Jambi banyak mendapat tanggapan dan pujian dari berbagai kalangan masyarakat disamping juga mendapat kritikan yang bersifat membangun. Pujian atas keberhasilan kinerja HBA tersebut salah satunya datang dari tokoh dan warga masyarakat Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun serta Kabupaten Merangin yang baru-baru ini dikunjungi oleh orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut.
Harapan dan ucapan terimakasih selalu disampaikan kepada pemimpin yang murah senyum dan selalu terlihat segar tersebut walaupun sebenarnya lelah karena harus bekerja hingga larut malam dan berkelilling mengunjungi masyarakat untuk melihat dan mendengar secara langsung proses pembangunan yang dipimpinnya. Dan dalam setiap kesempatan kunjungan kerjanya pun ke berbagai daerah, suami tercinta dari Hj. Yusniana ini dihadapan warga dan tokoh masyarakat selalu menyatakan dan menegaskan  bahwa tugas Gubernur dan para pejabat pemerintahan itu yang terutama adalah mengurus rakyatnya.  Pada kunjungan kerjanya ke Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) didampingi oleh Bupati Sarolangun, H Cek Endra dan rombongan meninjau rumah yang dibedah dari Program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake) Pemerintah Provinsi Jambi, di Desa Datuk Nan Duo, Senin (15/9).
Dalam peninjauan ini, pemilik rumah yang dibedah, Ibu Sahaya, mengucapkan terimakasih kepada gubernur, karena dengan Program Bedah Rumah Samisake yang digulirkannya, kondisi rumahnya sudah jauh lebih bagus.
Kepada wartawan yang mewawancarainya, gubernur menyatakan, dirinya mengharapkan dana Samisake sebagai stimulan (perangsang), diharapkan orang yang punya di desa ikut membantu.
“Pemerintah menstimulan, misalnya dengan memberikan dana Rp.8 juta, nanti masyarakat lain membantu, apakah dalam bentuk tenaga kerja, atau material, dan sebagainya. Ini mungkin suatu contoh, masyarakat yang di sini ikut membantu menyumbang. Sebenarnya, itu yang diharapkan, walaupun dengan dana Samisake itu, rumah sudah bisa dibedah menjadi layak huni,” jelas gubernur.
Usai meninjau bedah rumah, gubernur dan Bupati Sarolangun serta rombongan meninjau jalan yang dibangun dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Desa Kasiro menuju ke Desa Sungai Bemban, Kecamatan Batang Asai.
Saparuddin, koordinator program pembangunan jalan tersebut mengatakan, dana pembangunan jalan itu senilai Rp.1,4 miliar, panjang jalan 5.550 meter, termasuk juga satu unit jembatan, 4 unit box culvert, 8 buah gorong-gorong.
Selanjutnya, gubernur dan rombongan meninjau Masjid Baiturrahman, Desa Sungai Bemban, Kecamatan Batang Asai. Dalam kesempatan tersebut, gubernur memberikan bantuan untuk pembangunan masjid senilai Rp5 juta, Bupati Sarolangun memberikan bantuan 200 sak semen.
Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sarolangun dalam rangka Silaturrahmi dan Syukuran Gubernur Jambi dan Bupati Sarolangun dengan Masyarakat Batang Asai yang diselenggarakan  di Masjid Al-Ihsan, Desa Datuk Nan Duo, Kecamatan Batang Asai pada Senin Siang (15/9) Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menyatakan bahwa memajukan daerah adalah tanggung jawab bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.
Gubernur mengungkapkan, dirinya bisa memahami harapan yang sangat tinggi dari masyarakat kepada dirinya selaku Gubernur Jambi, untuk memajukan daerah. Namun, dirinya menjelaskan, keterbatasan anggaran merupakan tantangan serius dalam pembangunan.
Dikatakan Gubernur, ditengah keterbatasan dana itu, dirinya berusaha untuk terus-menerus memajukan Provinsi Jambi. “Saya memikirkan mulai dari Telun Berasap sampai Ujung Jabung,” ujar gubernur dalam acara tersebut.
Untuk itu, gubernur menghimbau seluruh komponen masyarakat Provinsi Jambi untuk turut memajukan daerah.
Dijelaskan Gubernur, untuk Kecamatan Batang Asai, permasalahan jalan merupakan permasalahan yang sangat mendasar dan dirinya telah berusaha untuk membangun jalan Batang Asai. “Mudah-mudahan tahun 2015 ini akan selesai,” sebut gubernur.
Gubernur juga menyatakan mengupayakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Batang Asai.
Selain itu, gubernur sepakat dengan Bupati Sarolangun agar perekonomian masyarakat di Batang Asai tidak hanya tergantung pada komoditi padi dan karet, namun mungkin bisa dicoba pinang dan kulit manis (cassiavera).
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi dan Bupati Sarolangun memberikan bantuan untuk Masjid Al-Ihsan, yang diberikan kepada perwakilan pengurus Masjid Al-Ihsan. Pada kesempatan ini juga Bupati Cek Endra mengucapkan terimakasih kepada gubernur yang sudah membangun Jalan Batang Asai dari tahun 2010 sampai sekarang, meskipun masih ada yang belum selesai. “Inilah yang membuka akses Batang Asai. Mari kita sama-sama berkomitmen untuk memajukan daerah kita,” ujar Cek Endra.
Sementara itu, Kepala Desa Datuk Nan Duo, Ruslan, dalam sambutannya mengungkapkan, masayarakat Desa Datuk Nan Duo dan Kecamatan Batang Asai merasakan kemajuan yang lebih baik di masa kepemimpinan HBA, dan untuk itu dirinya menyatakan mendukung HBA menjadi Gubernur Jambi untuk Periode yang kedua dihadapan para tokoh masyarakat Kecamatan Batang Asai, serta para undangan lainnya.
Pada kunjungan kerjanya ke Kabupaten Merangin dalam rangka Pengajian Tabligh Akbar Ikatan Muslim Kuamang Kuning (IMKK) di Lapangan Bola Kaki Dewa Ruci, Desa Kota Raja, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Minggu (14/9) siang. Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) mengemukakan bahwa tugas pejabat adalah untuk mengurus rakyat.
Dijelaskan Gubernur, selaku Gubernur Jambi, dirinya memikirkan jalan, listrik, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan-kebutuhan lain dari masyarakat Provinsi Jambi.
Gubernur juga menuturkan berbagai upaya pembangunan yang dilakukannya ditengah keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jambi.
Gubernur menegaskan, dalam menjalankan pembangunan di Provinsi Jambi, dirinya tidak membeda-bedakan masyarakat bahkan seluruh sektor kehidupan masyarakat Provinsi Jambi sudah dipikirkannya, namun keterbatasan anggaran merupakan tantangan serius.
Gubernur mengungkapkan bahwa pejabat akan mempertanggung jawabkan pembangunan yang dilakukannya di dunia dan akhirat.
Menanggapi tuntutan masyarakat tentang permasalahan Lahan Usaha 2 (LU 2), Gubernur menyatakan bahwa dirinya akan berusaha menyelesaikannya.
Pada kesempatan tersebut Gubernur Jambi HBA juga menyampaikan ucapan terima kasih  atas pernyataan Ketua IMKK yang mendukung dirinya mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi Periode 2015 – 2020. “Saya siap menjalankan amanah masyarakat Provinsi Jambi,” tegas gubernur saat itu.
Gubernur menambahkan bahwa jika dia terpilih lagi menjadi Gubernur Jambi, akan berusaha untuk meningkatkan nilai Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake).
Selain itu, gubernur berharap agar madrasah mempelajari kitab-kitab yang berstandar nasional, seperti yang diperlombakan dalam Musabaqah Qira”atil Kutub (MQK) V Tingkat Nasional yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di Kota Jambi.
Dalam kesempatan ini  gubernur juga menyerahan alat dan mesin pertanian (Alsintan) Samisake kepada masyarakat Kuamang Kuning, yang diserahkan kepada perwakilan masyarakat Kuamang Kuning.
Sementara itu, Bupati Merangin, Al Haris, S.Sos, MH, dalam sambutannya menyatakan Pengajian Tabligh Akbar IMKK ini merupakan langkah yang sangat baik untuk menyatukan umat muslim, sekalipun berdomisili di tiga kabupaten yang berbatasan, Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tebo.
Al Haris menuturkan berbagai program Pemerintah Kabupaten Merangin yang dilakukan di Kuamang Kuning, diantaranya pembangunan jalan Rejo Sari – Air Batu – Kota Raja pada tahun 2014.
Al Haris mengungkapkan, dia memiliki PR (Pekerjaan Rumah) di Kuamang Kuning, yaitu pembangunan Puskesmas Rawat Inap, pembangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang kesemuanya ditujukan agar ekonomi di daerah batas hidup.
Ketua IMKK, H.Muhammad Tawoluddin dalam sambutannya menyatakan, dalam Ibadah Naik Haji Tahun ini, ada 17 orang yang menunaikan ibadah haji dari Kuamang Kuning, 10 orang dari Haji Reguler, dan 7 orang Haji Plus.
Sementara itu juga, Ketua Panitia Pelaksana Tabligh Akbar yang juga Kepala Desa Kota Raja, Didik Herwanto, dalam laporannya mengharapkan agar  jalan sampai ke Kota Raja dapat segera diperbaiki. Didik Herwanto juga menyatakan bahwa  masyarakat Kuamang Kuning mendukung Samisake dan bahkan ditingkatkan, serta mendukung HBA untuk maju dalam Pilgub Jambi Tahun 2015. (adv/humasprov)

sumber

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: