Skip to content

Pemko Jambi Tutup Lokalisasi Langit Biru dan Pucuk

16/09/2014

Pemerintah Kota Jambi melaksanakan ikrar bersama penutupan lokalisasi Senin (15/9). Bahkan, itu langsung dilakukan di dua tempat. Yakni, Langit Biru dan Pucuk. Wali Kota Jambi Syarif Fasha juga menanggapi tudingan miring terhadapnya mengenai upaya penutupan lokalisasi tersebut. Menurut dia, upaya penutupan lokalisasi itu bukan pencitraan. Sebab, jika memang pencitraan, upaya itu akan dilakukan pas tahun keempat pemerintahannya.Namun, lanjut Fasha, sapaan karib Syarif Fasha, pada tahun pertama pemerintahannya bersama Wakil Wali Kota Abdullah Sani, pihaknya serius menutup dua lokalisasi tersebut. Fasha menyebutkan, itu adalah tekad pemkot dan masyarakat Kota Jambi yang ingin tempat tersebut ditutup. Setidaknya ada 566 PSK dan mucikari yang hidup di dua lokalisasi itu. ’’Ada yang datang dari Langit Biru di acara ikrar ini,’’ ujarnya.
Sementara itu, kompensasi yang akan diterima para PSK di Kota Jambi juga telah dibicarakan. Kementerian Sosial telah menyiapkan segala kompensasi dari dana APBN, sedangkan Pemkot Jambi hanya menyediakan anggaran penertiban dan kegiatan sosialisasi. ’’Kalau Pemkot menganggarkan Rp 900 Juta di APBD Perubahan,’’ tuturnya.
PSK yang bukan dari Jambi akan mendapatkan bantuan dari anggaran provinsi dan Kemensos. Kemensos akan membantu biaya pemulangan dan jatah hidup mereka selama tiga bulan. ’’Kemudian, Kememsos juga sudah menghubungi daerah asal para PSK yang akan dipulangkan. Ini dilakukan sebagai jaminan bahwa mereka tidak akan kembali ke pekerjaan lama,’’ ucapnya.
Di sisi lain, PSK dari Jambi akan diberi pelatihan keterampilan untuk membuka usaha. Ada empat pelatihan yang akan diberikan. Yakni, memasak, membuat kue, menjahit, dan keterampilan salon. ’’Mereka diberi pelatihan dan bekal perlengkapan usaha nanti,’’ katanya.
Seusai ikrar Pemkot Jambi, Kemensos RI serta segenap unsur yang terlibat mengadakan rapat koordinasi. Dalam rapat itu, mereka memutuskan menutup dua lokalisasi tersebut pada 13 Oktober. (enn/JPNN/c20/diq)

Sumber

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: