Skip to content

Gubernur: Pulau Berhala Milik Jambi

15/06/2012

Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus (HBA) menghadiri persidangan sengketa Pulau Berhala atau pengujian UU No. 31 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau Pasal 5 Ayat 1 Huruf C, Rabu (13/6) bertempat Ruang Sidang Mahkamah Konstitusi, Jakarta.
Dalam agenda sidang hari ini mendengarkan keterangan Saksi Fakta dan Saksi Ahli dari kedua belah pihak, Pihak Pemohon (Provinsi Jambi) dan Pihak Terkait (Kepulauan Riau), berdasarkan keterangan saksi Pihak Pemohon (Provinsi Jambi), HBA merasa yakin akan memenangkan persidangan tersebut,”Kita katakan posisi kita cukup kuat, optimis kita,” ujar HBA dalam wawancaranya.Keyakinan Gubernur Jambi HBA sangatlah beralasan, berdasarkan keterangan saksi dalam persidangan,  jarak maupun kedangkalan laut semuanya mengacu ke Provinsi Jambi,”Antara Pulau Berhala dengan Ujung Jabung jauh lebih dangkal dari pada Pulau Berhala dengan Kepulauan Riau dalam hal ini Kabupaten Lingga, artinya mendekati daratan daerah Kabupaten Tanjabtim dalam hal ini Provinsi Jambi, kita tidak tahu menurut kita, kita yang benar,” jelas HBA.Pemerintah Provinsi Jambi telah berusaha sekuat tenaga dalam mempertahankan keberadaan Pulau berhala sebagai bagian wilayah Provinsi Jambi,“Yang namanya proses persidangan kita tidak tahu. kita sudah berusaha sekuat tenaga menghadirkan saksi menghadirkan tenaga ahli kita, baik dari daerah maupun dari pusat, dan termasuk juga dari masyarakat sudah disampaikan itu bukti bahwa seharusnya memang kitalah yang memiliki pulau berhala itu,” tegas HBA.
Sementara dari keterangan Kuasa Hukum Provinsi Jambi Dr. Andi Muhammad Nasrun menjelaskan keberadaan Saksi Ahli dari Provinsi Kepulauan Riau seharusnya menyampaikan pandangan umum bukan merujuk kesimpulan atas kepemilikan wilayah,”Saya kira yang disampaikan Prof. Natabaya itu keliru besar, saksi harus mengeluarkan keterangan sesuai dengan talian dia, etiknya begitu, bukan seorang ahli yang baik  apalagi tiba-tiba mengeluarkan statement Berhala (pulau) masuk Kepri,” jelas Dr. Andi.
Terlepas dari itu semua Andi Nasrun meyakini kemenangan Provinsi Jambi, bahkan menawarkan Hakim MK untuk Sidang Lapangan agar memperhatikan letak geografis, aspek sosiologis, dan lain sebagainya demi memperkuat penilaian Haki. ”Biar ketemu mengukur jarak itu bagaimana dan ini pernah dilakukan MK dalam memutuskan batas Kabupaten Kampar dengan Rokan Hulu,” lanjut Dr. Andi.

Sumber: http://www.jambiprov.go.id/?show=berita&id=2469&kategori=berita&title=Gubernur%20:%20Pulau%20Berhala%20%20Milik%20Jambi

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: