Skip to content

Dibangun Jalan Tol di Jambi

22/02/2012

Dahlan Iskan Ajak Jasa Marga Bangun Tol di Sumatera

Menteri BUMN Dahlan Iskan ajak PT Jasa Marga Tbk membangun jalan tol 1.000 Km di Sumatera. Tidak hanya Jasa Marga, Dahlan mengusulkan pemerintah daerah setempat juga turut terlibat dalam pembangunan jalan tol ini.

“Saya minta Jasa Marga kembangkan diri ke Sumatera, agar Sumatera ini segera bisa dibangun jalan tol yang cukup banyak karena Sumatera kalau jalan tol dan listrik cukup pertumbuhan ekonominya akan luar biasa,” ungkap Dahlan ketika ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Dahlan menambahkan, dalam pertemuan dengan seluruh Gubernur di Sumatera sekitar delapan gubernur di pulau tersebut menyetujui pembangunan jalan tol, antara lain Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Riau, dan Sumatera Utara.

“Nanti bisa misalnya kita bentuk PT Jasa Marga lampung, pemegang saham Jasa Marga dan Pemda Lampung, lalu PT Jasa Marga Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, sampai Sumatera Utara,” kata Dahlan.

Menurutnya nanti pola pembangunan jalan tol yang dilakukan seperti di Bali diterapkan dengan cepat di Sumatera. Karena memang Pemda setempat yang umumnya banyak mempunyai dana. Selain itu masing-masing provinsi, akan menyertakan sejumlah dana sesuai dengan kemampuan.“Kemarin sudah MoU dan ruas-ruas jalan yang akan dibangun sudah diputuskan, cukup banyak, sekitar 1.000 Km. Dimulai tahun ini di mana secara fisik mulai Padang-Bukit Tinggi dan Medan-Kuala Namo,” tutur Dahlan.

Dahlan mengharapkan, Pemda juga bertugas menangani pembebasan tanah dan izin-izin setempat. Sedangkan perizinan ke Kementerian Pekerjaan Umum, akan diurus oleh Jasa Marga.

Dahlan menjelaskan nantinya akan ada dua model jalan tol di Sumatera. Yang pertama, full standar jalan tol dengan empat jalur. Satu model lagi, high grade highway untuk jalan tol yang jumlah lalu lintasnya kecil. High grade highway yaitu jalan tol yang lebarnya tidak wajib empat jalur namun lahannya tersedia untuk empat jalur.

 

Sumber: http://finance.detik.com/read/2012/02/21/182525/1848245/4/dahlan-iskan-ajak-jasa-marga-bangun-tol-1000-km-di-sumatera

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: