Skip to content

Kembali Dicetak 600 Hektare Sawah

16/02/2012

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Pertanian (Dispertan) kembali melakukan cetak sawah baru disejumlah kecamatan. Kepala Dispertan, Ir Dedi Hendri, MSi, ketika ditemui di ruang kerjanya, kemarin, mengatakan, luas sawah yang dicetak baru tahun ini mencapai 600 hektar. Bersumber dari dana APBD Kabupaten Sarolangun dan APBN yakni dana bansos.

‘’Totalnya mencapai 600 hektar, 300 hektar dari APBD Kabupaten Sarolangun dan 300 hektar lagi dari APBN tepatnya dana Bansos,’’ katanya.

Cetak sawah baru tahun ini akan diprioritaskan di kecamatan yang dinilai potensial, seperti Kecamatan Mandiangin, Air Hitam dan Pelawan.

Sedangkan tahun lalu kata Dedi, cetak sawah baru yang dilakukan Dispertan seluas 400 hektar bersumber dari dana Bansos (APBN, red). ‘’Saat ini pengerjaannya hampir rampung,’’ sebut pria yang menyelesaikan pendidikan S2 nya di UI Jakarta ini.
Pada hakekatnya terang Dedi, cetak sawah baru bertujuan untuk
mencapai ketahanan pangan di Kabupaten Sarolangun. Cetak sawah baru terangnya juga harus didukung bebagai faktor, seperti ketersediaan benih, irigasi (pengairan) dan berbagai faktor lainnya.

‘’Cetak sawah baru juga diharapkan dapat meningkatkan produksi padi Kabupaten Sarolangun dan status swasembada beras tetap kita pegang,’’ ungkapnya.(se9)

Sumber : Sarolangun Ekspres, 15 Februari 2012

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: