Skip to content

Jambi Bangun Jalan Khusus Batubara

16/02/2012

Pemerintah Provinsi Jambi akan membangun jalan khusus sepanjang 125 kilometer. Jalan yang menghubungkan sentra tambang batubara dengan Pelabuhan Talang Dukuh Kota Jambi ini akan mengendalikan persoalan kerusakan jalan umum di Jambi yang kondisinya amat parah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Ivan Wirata mengemukakan, jalan khusus akan dibangun oleh konsorsium usaha batubara dari Kecamatan Mandiangin, Sarolangun, yang merupakan daerah tambang batubara, hingga Pelabuhan Talang Dukuh di Kota Jambi.Dengan adanya jalan khusus, masalah distribusi hasil bumi yang selama ini mengakibatkan kerusakan jalan tidak akan lagi terjadi. Sebagaimana diketahui, saat ini 1.000 kilometer jalan di Jambi dalam kondisi rusak berat, sedang, dan ringan. Sebagian persoalannya karena selalu dilewati angkutan-angkutan batubara dengan muatan berlebih.

Tidak hanya untuk batubara, produksi lainnya seperti sawit, karet, dan hasil-hasil pertanian juga dapat melewati jalan khusus melalui sistem berbayar yang dikelola swasta. Dengan lancarnya distribusi, kesejahteraan petani bakal meningkat. Nilai tukar petani kami harapkan akan naik, ujar Ivan, di Muaro Jambi, Jumat (10/2/2012).

Sumber : kompas.com

One Comment leave one →
  1. taufik permalink
    05/03/2012 2:32 pm

    Apa belum pasti program jalannya pak ?? tempel saja dulu lubang-lubang dengan material yang ada .. terlalu bahaya kondisi jalan kita ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: