Skip to content

HBA: 2012, Harus Lebih Baik

01/01/2012

Tahun 2011 hanya tinggal hari ini. Besok sudah menapaki tahun yang baru. Berbagai harapan menunggu untuk dicapai pada 2012 mendatang.Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, tahun 2012 harus lebih baik. Capaian program Jambi Emas tahun 2015 yang diusungnya harus semakin meningkat.

Hal ini bisa dilihat dari capaian serapan APBD.Tak hanya itu, mantan Bupati Sarolangun ini berharap, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi semakin meningkat. Angka kemiskinan dan pengangguran bisa ditekan. Namun yang paling penting, kata HBA, adalah nilai tukar petani (NTP) harus menguntungkan petani. “Harapan lain adalah masalah kerusakan infrastruktur bisa diatasi,” ujarnya kepada Jambi Independent usai penanaman pohon di kantor RRI Jambi, kemarin (30/11).

Dikatakannya, bila selama ini penyerapan anggaran baru 90 persen dan realisasi fisik 95 persen, tahun depan harus bisa 100 persen. “Semuanya tahun depan harus semakin lebih baik dan lebih meningkat,” ujarnya.
Beberapa waktu lalu, HBA membeberkan beberapa program yang akan dilaksanakan pada 2012 dan target yang akan dicapai di penghujung kepemimpinannya tahun 2015 nanti. Menurut HBA, tahun 2012 nanti program prioritasnya masih pada peningkatan pembangunan infrastruktur, terutama jalan. Ini dilakukannya sesuai dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepadanya setiap kali melakukan kunjungan ke daerah.

Pemprov Jambi melalui APBD 2012, lebih fokus dalam infrastruktur, terutama yang berkaitan dengan masalah jalan provinsi. “Insya Allah, dalam lima tahun kepemimpinan saya bersama Pak Wagub Fachrori, kami menargetkan semua jalan milik provinsi tuntas (mulus),” ujarnya dengan nada optimis.

Selain infrastruktur, HBA juga memaparkan beberapa program yang akan dilakukan dengan konsep empat sri pembangunan, yakni Pro Poor, Pro Job, Pro Growth dan Pro Environment. Untuk pro job, kata dia, Pemprov Jambi tetap menjalankan program terkait masalah pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

Selain itu, tahun 2012 nanti, dia juga telah memprogramkan memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat. Targetnya, 2.592  orang per tahun. Rinciannya, 32 orang untuk 81 kecamatan untuk dilatih dengan keterampilan di balai latihan kerja (BLK).

Keterampilan tersebut berupa menjahit, sopir, bengkel dan sebagainya sesuai dengan kemampuan yang ada. “Dan Insya Allah, pada tahun 2013 kita akan meneruskan pelatihan ketrampilan ini untuk 131 kecamatan. Selain itu, kita juga akan mengoptimalkan SMK dengan menciptakan wirausaha muda,” terangnya.

Selanjutnya, Pro Poor, dia akan meneruskan program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake), bedah rumah, sertifikat gratis, bantuan karet dan sawit, dan sebagainya. “Insya Allah, tahun 2012 ini, Jambi juga mendapat bantuan bibit karet dari pusat untuk 16 ribu hektare dan juga sawit. Ditambah dengan dari pemprov sebanyak 2.500 ribu hektare,” sebutnya.

Berikutnya, melalui program Pro Growth, yakni dengan peningkatan ekspor, mengoptimalkan industru rumah tangga serta mepermudah masuknya investor. “Semua juga tidak terlepas dengan dukungan infrastruktur jalan. Makanya, kita akan seoptimal mungkin untuk perbaikan jalan-jalan provinsi,” ujar suami Yusniana ini.

Untuk program Pro Environment, ini berkaitan dengan lingkungan, seperti kegiatan Batanghari bersih atau menanam pohon satu miliar. “Itulah empat sri pembangunan yang Insya Allah akan kita jalan. Kita tidak akan keluar dari visi misi Jambi Emas 2015 dan akan terus fokus menjalankannya. Kita tidak akan lari dari visi misi tersebut. Kita mohon doa dan dukungan semua masyarakat, semoga ini berjalan dengan sukses dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, dilihat secara makro, perekonomian di Jambi menunjukkan tren positif. Indikatornya, Pertumbuhan ekonomi Jambi (PDRB year on year) Triwulan III 2011 sebesar 7,6 persen tanpa migas dan 9,1 persen dengan migas. Angka ini lebih tinggi dari periode sebelumnya 2010, sebesar 7,23 dan tahun 2009 sebesar 5,48 persen.

Inflasi tahunan Jambi 2011 sebesar 3,95 persen, lebih rendah dari tahun 2010 yang mencapai 8,2 persen. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Jambi juga menurun. Februari 2011 sebesar 3.85, menurun dari 4.45 persen di tahun 2010. Begitupun catatan pada Agustus 2011 sebesar 4.02, menurun dari 5.39 persen tahun 2010.

Namun, di balik angka yang memuaskan ini, NTP yang menjadi salah satu indikator perekonomian di Jambi masih rendah.

Pengamat Ekonomi Pertanian dari Universitas Jambi Prof DR Zulkifli Alamsyah mengatakan, pada kondisi NTP rendah, dipastikan petani tidak akan mampu mengakses perubahan teknologi pertanian, yang merupakan salah satu prasyarat tercapainya efisiensi.

Data yang dimilikinya, NTP Jambi berkisar di bawah 100, yakni 93-95. Ini merupakan terendah se-Indonesia. Data itu juga membuktikan jika apa yang didapat petani masih jauh lebih rendah dari pada kebutuhan konsumsinya. “Pembangunan pertanian tidak akan pernah berhasil selama masih ada masyarakat yang “tidak berdaya” (marginal), khususnya di pedesaan, baik secara sosial, politik, maupun ekonomi,” kata Dekan Fakultas Pertanian Unja itu.

Di tahun 2012 mendatang, Kapolda Jambi Brigjen Pol Anang Iskandar mengaku sudah memprogramkan 400 fokus discussion group. Program ini, menurut mantan Direktur Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) itu merupakan upaya memberi ruang diskusi, bagi masyarakat dengan polisi. “Silakan manfaatkan ini. Kita terbuka. Dengan adanya diskusi dan tatap muka langsung, akan ada pencerahan bagi semua,” tawarnya.

Khusus masalah narkoba, menurut Anang, tidak bisa hanya diberantas dengan penangkapan. Yang paling penting adalah bagaimana menyembuhkan para pengguna di Jambi yang saat ini, menurut survei BNN mencapai 50 ribu orang. “Saya mengimbau kepada masyarakat Jambi, tahun 2012 nanti, stop menggunakan narkoba, stop melakukan kejahatan. Semoga Jambi lebih aman dan tentram,” ujarnya.

sumber: http://www.jambi-independent.co.id

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: