Skip to content

Awas, Puncak Hujan Desember dan Maret

24/12/2011

INTENSITAS curah hujan yang terjadi di seluruh wilayah Jambi, dalam sepekan terakhir masih berada dalam kondisi normal. Namun demikian, diperkirakan pada bulan Desember dan Maret merupakan puncak musim penghujan. Pada bulan tersebut curah  hujan yang terjadi rata-rata antara 120 sampai 250 mm.

“Hujannya masih ringan sampai dengan sedang,” ujar Kurnianingsih, Koordinator Prakirawan Cuaca BMKG Sultan Thaha, kepada Jambi Ekspres, kemarin (17/12).

Dikatakan Naning-sapaan akrab Kurnianingsih-, diwilayah Jambi tipe hujan yang umumnya terjadi yaitu hujan ekuator liar. Dimana dalam satu tahunnya terjadi 2 kali puncak musim hujan. Akan tetapi katanya ditiap wilayah kabupaten curah hujannya berbeda-beda.

“Khususnya Jambi wilayah barat, seperti Kerinci, Bungo, Tebo dan sekitarnya saat ini curah hujannya rata-rata berada diatas normal,” tukasnya.
Tingginya curah hujan di wilayah barat ini diakui Naning memang siklusnya seperti itu. Biasanya curah hujan di wilayah barat rata-rata berada diatas normal dan dalam sehari bisa menghasilkan lebih dari 50 mm.

Untuk itu, Naning mengingatkan agar selalu waspada terhadap bahaya banjir dan tanah longsor. Karena sambungnya, dalam beberapa hari kedepan Jambi wilayah Barat akan sering diguyur hujan.

Saat ditanya apakah puncak musim penghujan tersebut dapat berpotensi munculnya angin kencang atau puting beliung, Naning menegaskan bahwa kondisi tersebut bisa saja terjadi. Wilayah yang perlu diwaspadai kata Naning adalah Jambi wilayah Timur seperti Tungkal dan Sabak.

“Kecepatan angin antara 35 sampai dengan 60 km/jam, ini berbahaya bagi perahu tongkang dan nelayan yang akan melakukan aktivitasnya,’’ tegasnya.

Sumber : jambiekspres.co.id

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: