Skip to content

Pembangkit Listrik di Singkut Segera Beroperasi

19/12/2011

Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di kawasan Singkut tidak lama lagi akan beroperasi, lantaran pekerjaan pembangunannya hampir selesai. Kepala Dinas (Kadis) ESDM Kabupaten Sarolangun Drs M Aslami MZ mengatakan, Singkut akan memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sendiri dengan kekuatan 5 megawatt. Menurut dia, tak lama lagi PLTD di Singkut itu akan beroperasi.

“Dengan demikian kebutuhan listrik yang selama ini dikeluhkan warga Singkut khususnya, segera terjawab, lantaran sudah memiliki PLTD sendiri sebesar 5 megawatt (MW),” kata Kepala Dinas (Kadis) ESDM Kabupaten Sarolangun Drs M Aslami MZ, Minggu.

Dengan beroperasinya PLTD ini Singkut akan bebas krisis listrik. Agar lebih optimal, Pemkab Sarolangun kini juga tengah mengupayakan pembangunan Gardu Induk (GI) di daerah Tanjung Rambai yang nantinya akan dikoneksikan langsung ke interkoneksi Sumatera.
Dia berharap, dengan beroperasinya PLTD itu nanti warga di Kecamatan Singkut khususnya bisa menikmati listrik dengan normal. Sebab, kebutuhan listrik di kecamatan Singkut hanya 4 megawatt dan bakal berlebih 1 megawatt.

Dirut PLN Sarolangun Supatmo menambahkan, dengan bakal beroperasinya PLTD di Singkut itu diharapkan beban di Sarolangun akan berkurang. Secara teknisnya otomatis daya di Sarolangun akan bertambah teganganya.

“Daya yang ada di Sarolangun bakal bertambah dengan lepasnya Kecamatan Singkut dari Sarolangun yang menginput tegangan dari Merangin dan Batanghari saat ini,” ujar Supatmo.

Menurut Supatmo, jumlah pelanggan yang ada di Singkut berjumlah sekitar 12 ribu pelanggan. Jika selama ini listrik mereka bergabung dengan Sarolangun tentu hal itu menjadi keluhan pelanggan lantaran daya yang sampai di kecamatan Singkut tegangannya tak begitu normal.

“Apalagi nantinya setelah GI di Tanjung Rambai selesai dan kebutuhan tegangan listrik di Sarolangun tak lagi tergantung dari Merangin dan Batanghari,” tambahnya. (lap har/ant)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: