Skip to content

Merokok Picu Payudara Kendur

13/12/2011

Dalam 10 tahun terakhir, jumlah perokok wanita terus mengalami kenaikan. Selain terancam mengalami kanker, gangguan kehamilan dan janin, hingga menopause dini, merokok juga menyebabkan puting payudara mengendur.

Dr Anthony Youn, dokter bedah plastik top di Amerika menjelaskan bahwa nikotin dan karbon monoksida dari rokok dapat mengganggu kinerja aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Racun dalam asap rokok juga berperan ampuh membunuh sel-sel tubuh dengan menghentikan aliran darah ke sel.

Tak hanya wanita perokok aktif dengan payudara sehat yang berisiko. Dr Youn juga mengingatkan para wanita dengan kebiasaan mengisap nikotin dan melakukan operasi implan payudara, juga memiliki dampak yang jauh lebih besar. “Bila Anda mengangkat atau mengurangi payudara, puting payudara akan menjadi hitam dan mengendur,” tambahnya.“Saya selalu merasa takut setiap kali melihat pasien dimana ia seorang perokok aktif yang ingin melakukan operasi payudara. Saya khawatir meskipun diperingatkan, ia akan tetap merokok sebelum atau setelah operasi dan menyebabkan putingnya berubah menjadi hitam dan mengendur. Saya sudah pernah melihat kasus itu sebelumnya,” ungkap Dr Youn.

Dr Youn juga menambahkan bahwa ia pernah merawat seorang wanita perokok dimana puting payudaranya sudah berubah warna menjadi keunguan. Beliau menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena pembuluh darah di sekitar payudara gagal berfungsi.

Tak hanya itu bahaya merokok bagi kaum hawa. Dr Youn juga menjelaskan wanita yang melakukan tummy tuck (operasi plastik untuk membuang kelebihan lemak) dan perokok aktif, akan rentan mengalami infeksi yang mengakibatkan luka besar dan dalam. Untuk menyembuhkannya diperlukan waktu 3 bulan.

Sementara, wanita perokok aktif yang melakukan facelift (operasi bedah untuk mengurangi kerutan wajah), berisiko mengalami kulit pipi yang menghitam dan mengelupas.

Sumber : http://health.ghiboo.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: