Skip to content

Bidan Bali Raih CNN Hero of The Year 2011

13/12/2011

Robin Lim, wanita berkebangsaan Amerika yang menolong ribuan wanita miskin di Indonesia, Sabtu malam lalu (10/12) dinobatkan sebagai CNN Hero of The Year 2011.

Acara yang digelar di The Shrine Auditorium Los Angeles ini merupakan sebuah penghargaan terhadap orang-orang yang memberikan kontribusi luar biasa dalam membantu meningkatkan kehidupan orang lain.

Melalui yayasan yang didirikannya di tahun 2003, Yayasan Bumi Sehat, ibu Robin memberikan pelayanan kehamilan dan proses persalinan secara gratis dan sehat khususnya kepada masyarakat Bali dan Aceh. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran.

Di Indonesia, wanita 300 kali berisiko lebih tinggi mengalami kematian saat proses persalinan atau mengalami kehamilan komplikasi dibandingkan dengan wanita di negara maju.
Bidan yang kini menetap di Bali ini percaya bahwa tinggi tingkat angka kematian ibu dan bayi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh masalah finansial, dimana banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi.

Menurut IMF, rata-rata pendapatan masyarakat miskin di Indonesia sekitar Rp. 60 ribu setiap hari. Sementara biaya persalinan normal bisa mencapai Rp. 650 ribu, bahkan persalinan melalui caesar bisa mencapai Rp. 6,5 juta.

“Situasi ini sangat buruk. Banyak bayi yang tak diberi perawatan, proses persalinan dikomersialkan dan banyak ibu yang meninggal akibat pendarahan setelah melahirkan disebabkan mereka tak punya uang,” ungkap Robin Lim, seperti yang dikutip melalui CNN.

Atas kegigihannya menolong tanpa pamrih ia berhak menyandang gelar CNN Hero of The Year 2011 dan menerima hadiah uang sebesar US$50 ribu (Rp. 455 juta). Tak hanya itu, Yayasan Bumi Sehat miliknya juga beruntung mendapat bantuan dana sebesar US$ 255 ribu (Rp. 2,3 milyar).

Sebelumnya, Ibu Robin bersaing dengan 9 kandidat lainnya yang masuk dalam 10 besar CNN Hero of the Year. Untuk mendapatkan predikat Hero of The Year, para kandidat bersaing ketat memperoleh suara terbanyak yang dilakukan melalui voting suara terbanyak di situs cnnheroes.com.

Sumber : http://ghiboo.com

One Comment leave one →
  1. 13/12/2011 2:52 pm

    Ikut senang atas kemenangan ibu robin. Dengan hadiah utama itu semoga semakin banyak ibu dan anak indonesia terbantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: