Skip to content

BBM Ludes di SPBU Sarolangun

13/12/2011
tags:

Beberapa pekan terakhir, warga kembali kesulitan mendapatkan bensin bersubsidi di sejumlah SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun. Bahkan warga yang sering mengantre masih tidak mendapatkan jatah BBM jenis bensin, lantaran keburu habis.

Menurut Hendri (32), warga Bernai Dalam, Sarolangun, kemarin (4/12), BBM di sejumlah SPBU memang tidak bisa bertahan lama. Ironisnya di depan SPBU, pedagang eceran menjual BBM bersubsidi justru kian menjamur. “Ini kok dibiarkan saja oleh pihak yang terkait,” ujarnya.

Hal yang sama juga dituturkan, oleh seorang pengendara kendaraan roda dua yang mengaku bernama Amri. Pria ini terpaksa harus membeli minyak sepeda motornya di pedagang eceran, lantaran minyak di SPBU sudah habis. “Mau gimana lagi, minyak di SPBU sudah habis. Jadi saya terpaksa membeli minyak motor di pedagang eceran yang harga mencapai Rp 6.000 per liter. Sementara di SPBU hanya Rp 4.500 per liter,” terangnya dengan nada kesal.
Maraknya pedagang kaki lima yang menjual BBM tak jauh dari SPBU, bahkan ada yang berjarak hanya beberapa meter saja. Ini jelas melanggar ketentuan, sebab sesuai dengan surat edaran Bupati Sarolangun Nomor 01/Hk/2011 tentang pengaturan, pengawasan, pendistribusian BBM oleh pedagang kaki lima, dijelaskan, pedagang kaki lima atau pengencer dilarang berjualan dalam jarak 500 meter dari lokasi SPBU. Selain itu, mereka juga wajib mendapatkan rekomendasi Perindagkop untuk dapat menjual BBM bersubsidi.

Aturan, imbauan atau pun surat edaran, sepertinya tidak begitu efektif tanpa adanya sosialisasi atau pun tindakan tegas dari penegak hukum. Ini terbukti dengan adanya pengecer BBM yang mengaku tidak mengetahui adanya surat edaran tersebut, apalagi harus membuat rekomendasi kepada instansi tertentu untuk menjual BBM. “Kami tidak tahu adanya surat edaran yang dimaksud, selama ini kami menjual BBM di depan SPBU ini aman-aman saja pak,” ujar salah satu pedagang bensin eceran yang enggan namanya disebutkan.

sumber: jambi-independent.co.id

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: