Skip to content

Dengan 3 Keputusan, Ekonomi bisa Tumbuh 8%

10/12/2011

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di atas 8%. Namun harus melakukan 3 keputusan penting.

Namun, untuk mencapai pertumbuhan sebesar itu diperlukan 3 tanda tangan. “(Tanda tangan) pertama adalah naikkan BBM. Dengan menaikkan BBM kita bisa saving Rp120 triliun per tahun. Kedua kurangi overhead pemerintah karena terlalu gede jumlahnya. Dan yang ketiga perbaiki sistem pajak khususnya yang memang hak rakyat,” jelasnya di Jakarta, Selasa (6/12) malam.

JK berharap dengan tiga tanda tangan tersebut, dana sebesar Rp200 triliun akan mudah diraih. “Itu bisa digunakan sebagian besar untuk infrastruktur. Jadi, kita jangan menyiakan waktu sehingga tidak melakukan itu,” tuturnya.Menurut JK, jika bicara Indonesia sebaiknya yang ditanyakan adalah mengapa pertumbuhan ekonomi hanya 6%. “Kalau saya pertanyaan yang pantas kok cuma 6%. Karena kita punya kemampuan yang lebih besar dari itu. Tapi, perlu kerja keras pemerintah dan pelaku usaha,” terangnya.

Banyak yang mengatakan sulit mencapai pertumbuhan di atas 8% karena masalah infrasturktur. Untuk infrastruktur, ucap JK, adalah tugas dari pemerintah yang berasal dari kemampuan anggaran yang kenapa selalu dibilang kurang. “Kenapa kemampuan hilang? Itu karena kebanyakan subsisidi. Sebenarnya tidak perlu subsidi,” tegasnya. [hid]

sumber: http://www.inilah.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: