Skip to content

Dana Bagi Hasil Migas Sarolangun Rp31 Miliar

07/12/2011

TERHITUNG akhir bulan September 2011, penghasilan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas untuk Kabupaten Sarolangun sudah mencapai Rp30 miliar. Raihan dana tersebut berasal dari sektor gas bumi yang mencapai Rp16 miliar, sektor minyak bumi Rp15 miliar, dan sektor batu bara Rp800 juta.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sarolangun Aslami MZ, kemarin (27/9), mengatakan, raihan tersebut tidak terlepas dari kerja keras Pemkab Sarolangun yang melakukan lobi-lobi di tingkat pusat. Ini bertujuan untuk terus meningkatkan investasi di bidang pertambangan baik migas maupun batu bara.

“GBH Migas tidak terlepas dari hasil produksi alam kita. Mangkin besar hasil migas dan batu bara yang dihasilkan, maka DBH-nya juga semakin besar,” sebutnya.Lebih lanjut, katanya, untuk saat ini sektor gas bumi memberikan kontribusi paling besar disusul minyak bumi. “Untuk batu bara memang masih sedikit, hanya sekitar Rp800 juta. Namun potensinya masih mencapai Rp2 miliar hingga akhir tahun nanti,” kata Aslami.

Terkait alasan tersebut, Aslami menjelaskan ada beberapa faktor, yakni jumlah perusahaan batu bara masih sedikit yang beroperasi serta kualitas batu bara yang dihasilkan tidak terlalu tinggi.

“Dengan kadar kalori batu bara yang kita miliki saat ini berkisar grade 5, maka akan beda dengan daerah lain yang menghasilkan baru bara dengan kalori tinggi. Sebab, nilai jualnya juga beda, dengan demikian maka DBHnya juga akan beda,” terangnya.

Namun, dirinya sangat optimis salah satu peluang untuk meningkatkan DBH dari sektor batu bara akan mendorong munculnya banyak perusahaan yang melakukan penambangan. “Saat ini kita mendorong perusahaan yang belum memiliki izin operasi produksi untuk segera mengurusnya,” katanya.

Kemudian terkait masalah target pendapatan dari DBH migas tahun 2011, Aslami mengakui jika untuk tahun ini, pihaknya diberikan target sebesar Rp 56 miliar. “Kita masih ada waktu tiga bulan. Mudah-mudahan akan melebihi (over) target yang ditetapkan tersebut,” pungkasnya. (*)
Sumber: http://www.jambi-independent.co.id

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: