Skip to content

Pakai Sepatu Kets, Dahlan Iskan Sidak KRL Ekonomi Sendirian

06/12/2011

Mungkin, inilah yang disebut inspeksi mendadak atau sidak yang sebenar-benarnya. Jika biasanya pejabat melakukan sidak dengan membawa rombongan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan melakukan sidak sendirian dengan menumpang kereta rel listrik (KRL) ekonomi Jabodetabek.

Dahlan mengatakan, dirinya menumpang KRL kelas ekonomi untuk bisa merasakan pengalaman penumpang, sehingga bisa membantu memikirkan solusi apa yang seharusnya dijalankan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saat menumpang dari (stasiun) Depok ke (stasiun) Manggarai, saya terharu melihat begitu banyaknya penumpang yang berhimpitan,” ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Senin (5/12).

Sebelumnya, pada pagi hari, beberapa media online menurunkan berita tentang pengakuan beberapa penumpang KRL Jabodetabek kelas ekonomi, yang melihat Dahlan Iskan sendirian ikut berdesakan di kereta yang memang terkenal padat penumpang tersebut.

Dahlan tanpa pengawal naik dari Stasiun Depok sekitar pukul 08.00 WIB. Dahlan disebut memakai kemeja putih lengan panjang digulung sampai siku, celana panjang hitam, dan sepatu kets.Bahkan, Dahlan sempat ingin mencoba naik ke atas gerbong kereta sebagaimana sebagian penumpang lain yang terpaksa naik ke atas gerbong karena tidak kebagian tempat di dalam gerbong. “Tapi, tidak jadi karena teman-teman dari KAI melarang. Benar juga, karena (jika naik ke atas gerbong) nanti malah memberi contoh yang tidak baik,” katanya.

“Karena itu, saya minta KAI agar menambah gerbong agar penumpang yang di atas kereta bisa masuk ke gerbong semua,” imbuhnya.

Menurut Dahlan, selain ingin merasakan pengalaman sebagai penumpang KRL ekonomi, dirinya juga ingin memantau secara langsung penerapan rute baru (re-routing) KRL Jabodetabek yang menggunakan skema loop line atau jalur melingkar.

Mulai 5 Desember 2011, KAI memang mulai memberlakukan ujicoba sistem rerouting KRL di Jabodetabek. Perubahan ini banyak mendapat protes dari para penumpang. “Tapi, saya minta KAI jangan berhenti karena kritikan itu. Sebab, mengurus kereta api itu memang sangat sulit,” katanya. (owi)

Sumber: http://www.jpnn.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: