Skip to content

Menyiasati Tahun Baru Tanpa Utang Baru

06/12/2011

Pergantian tahun biasanya dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat diseluruh dunia. Dari yang paling sederhana hingga perayaan mewah bagi yang mampu. Perayaan juga diwarnai dengan liburan akhir tahun dan hadiah hadiah bagi kerabat. Sayangnya kebanyakan masyarakat lupa melakukan beberapa persiapan yang penting.

Pertama, biaya perayaan akhir tahun ini tidak dianggarkan didalam anggaran belanja tahunan. Kedua, jika dianggarkan juga akhirnya biaya yang dikeluarkan melebihi dana yang sudah dianggarkan. Mengapa demikian? karena anggaran yang dibuat tidak dirinci. Hal ini menyebabkan akhirnya berakhir dengan menggunakan dana yang tidak dianggarkan, misalnya menggunakan kartu kredit atau menggunakan dana dari Kredit Tanpa Agunan. Memang akhir tahun dapat berjalan dengan meriah, tapi awal tahun akan diawali dengan mencicil hutang-hutang.

Beberapa langkah yang harus dilakukan agar awal tahun dapat dijalani dengan suasana baru yang nyaman dan bebas dari beban hutang adalah :

1. Buatlah daftar rinci rencana apa yang akan anda lakukan untuk melawati akhir tahun. Contoh : memberi hadiah untuk ayah, ibu, kakak, adik, memberi bonus untuk karyawan rumah, pesta keluarga besar merayakan natal atau marayakan tahun baru bersama keluarga sambil liburan diluar kota/luar negeri.
2. Dari daftar tersebut, buatlah rincian biaya yang dibutuhkan dari masing masing daftar. Semakin rinci semakin baik. Hingga anda mengetahui apakah anda punya dana yang cukup untuk membiayai rencana rencana akhir tahun anda. Sehingga jika ternyata anda tidak punya cukup dana, anda dapat membuat penyesuaian rencana. Dengan demikian Rencana andalah yang akan menyesuaikan dengan kesanggupan pendanaan anda, bukan sebaliknya. Jika anda hanya mempunyai daftar rencana akhir tahun tanpa membuat rincian biaya, maka akhirnya anda harus mencari sumber pendanaan lain yang berakhir dalam bentuk utang dan anda akan memulai tahun baru dengan daftar cicilan yang harus dilunasi. Jika situasi ini tidak diperbaiki, maka setiap tahun akan berulang dan cicilan akan semakin menumpuk dan terlilit utang.

3. Dalam menggunakan kartu kredit untuk membayar keperluan akhir tahun ini, pastikan hanya untuk alat pembayaran dan dibayar lunas pada saat sebelum jatuh tempo pembayaran. Sehingga anda tidak perlu membayar bunga kartu kredit yang tinggi. Oleh karena itu, pada membuat rincian biaya (poin no 2), anda tentukan keperluan apa saja yang akan dibayar tunai dan pembayaran apa yang akan menggunakan kartu kredit.

4. Pada akhir tahun, banyak hari libur dimana bank akan tutup selama beberapa hari. Oleh karena itu jika pembayaran tagihan-tagihan anda tidak menggunakan pembayaran/debet otomatis, maka sebaiknya memeriksa tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan-tagihan anda seperti kartu kredit, listrik, telepon, air, internet dan lain lain yang mungkin dapat berubah karena adanya hari-hari libur akhir tahun.

5. Periksa lagi alokasi dan akses ke penempatan dana darurat anda.
Jika anda berlibur ke luar kota atau keluar negeri, pastikan dana darurat tetap dapat diakses dengan mudah pada saat diperlukan ditempat liburan anda.
Jika alokasi pada tabungan yang dapat diakses melalui ATM 24 jam, dirasa kurang, maka anda harus mencairkan sebagian dana darurat anda yang dalam bentuk Logam Mulia dan Reksa Dana Pasar Uang.

6. Jika selama ini anda belum membuat anggaran akhir tahun, mulailah untuk membuatnya untuk tahun depan dan tahun-tahun mendatang. Semakin banyak waktu yang dipersiapkan, semakin banyak opsi yang anda miliki untuk perencanaan akhir tahun anda. Sehingga setiap tahun anda dapat menikmati akhir tahun dan awal tahun dengan keuangan yang lebih sehat.

Selamat menikmati akhir tahun.

Tips by: Lisa Soemarto, MA, RIFA, RFC – Senior Financial PlannerAFC
@LaPetiteLisa

sumber: http://finance.detik.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: