Skip to content

Tempoyak Masakan Khas Jambi

06/12/2011

Tempoyak adalah masakan khas Jambi, berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga bisa dijadikan bumbu masakan.

Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal maupun durian monthong (kurang bagus karena terlalu banyak mengandung gas dan air). Durian yang dipilih diusahakan agar yang sudah masak benar, biasanya yang sudah nampak berair.

Kemudian daging durian dipisahkan dari bijinya, setelah itu diberi sedikit garam. Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan memengaruhi rasa akhir.
Setelah proses di atas selesai, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Diusahakan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas (bukan freezer-nya) namun fermentasi akan berjalan lebih lambat.

Tempoyak yang berumur 3-5 hari cocok untuk dibuat sambal karena sudah asam namun masih ada rasa manisnya. Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan teri, ikan mas, ikan mujair ataupun ikan-ikan lainnya.

Buat Anda yang tidak terlalu suka dengan durian, Tempoyak juga bisa dikreasikan sesuai selera dengan bahan dasarnya tetap durian, seperti Tempoyak Udang, dan Tempoyak Ikan. Meski berbahan dasar durian, tetapi setelah diolah, rasa duriannya hanya sedikit.

Salah satu lokasi yang menjual Tempoyak berada di Jalan Jelanai, Kota Jambi yaitu, Kedai Ombai. Harga Tempoyak bervariasi antara Rp. 5.500,- sampai dengan Rp. 19.000/ porsi.

Penasaran ingin mencoba?

Sumber: http://food.ghiboo.com

3 Comments leave one →
  1. 06/12/2011 11:48 pm

    Saya belum pernah merasakan makan tempoyak. Kayaknya enak ya..

  2. 07/12/2011 12:31 am

    Tentu luar biasa enaknya. Silakan berkunjung ke Sarolangun, Jambi…

  3. Vie permalink
    07/01/2012 3:59 pm

    Makanan khas bengkulu kaaleee,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: